Selamat Datang Diportal Resmi PKPU Cabang Bengkulu, Mari Berzakat Bersama PKPU Untuk Kepedulian Bersama
Sekarang Bisa bayar Zakat di Kantor Pos Peduli Korban Sinabung, Sumatera Utara Program Lebaran Untuk Anak Yatim Program Sebar Qur'an Nusantara ( SQN ) Indonesia Peduli Untuk Korban Banjir

Konsultasi: Terapi Medis Untuk Anemia

Selasa, 10 Maret 2009

Assalamu’alaikum. Dr. Anelin, saya mau konsul mengenai terapi medis apa yang harus dilakukan oleh penderita anemia seperti saya ini? Mohon penjelasannya. Trimakasih. (Eti – Surabaya +6289722884xx)

Penjelasan:
Wa’alaikumsalam Eti, semoga selalu dalam lindungan Allah.
Terapi medis anemia prinsipnya ada dua, pertama atasi penyakit dasar atau penyebab anemia. Kedua, pemberian suplemen zat besi dan vitamin.
Penyebab anemia bervariasi, sehingga untuk mendeteksinya sebaiknya berkonsultasi dengan dokter keluarga. Cukup menyulitkan bila gejala penyakitnya tidak khas, misalnya infeksi cacing atau pendarahan kronis yang samar. Pada wanita, jangan dilupakan pola haidnya apakah jumlahnya berlebihan atau frekuensinya terlalu sering.
Pemberian suplemen zat besi berupa tablet tambah darah untuk mengobati atau mencegah kekurangan zat besi. Zat besi akan diserap lebih baik pada saat perut kosong. Penyerapannya dibantu vitamin C, sedangkan the dan susu menghambat penyerapan.
Bahan-bahan makanan alami yang kaya zat besi contohnya hati, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, tempe dan sayuran hijau. Sebaiknya kombinasikan makanan tersebut dengan makanan yang kaya vitamin C, misalnya sayur dimasak bersama tomat, atau minum jus buah kaya vitamin C setelah makan. Selain defesiensi zat besi anemia dapat juga terjadi karena defesiensi asam folat dan vitamin B12. Pada kasus tersebut pemberian suplemen vitamin dilakukan untuk mengatasi anemia.
Kesimpulannnya, anemia dapat dicegah dan diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat, diantaranya dengan makan teratur dan makan makanan menu seimbang, dan istirahat yang cukup. Semoga dapat membantu.

Punya permasalahan seputar zakat? Atau kesehatan? Mulai sekarang, pembaca dapat melayangkan pertanyaan-pertanyaan seputar zakat dan kesehatan di rubric konsultasi ini. Pertanyaan yang masuk akan coba di jawab oleh
Ust. M. Ghazali, Lc untuk pertanyaan seputar zakat dan dr. anneline akan coba menjawab pertanyaan seputar kesehatan. Caranya gampang: ketik KONSUL (spasi) Nama (spasi) Alamat (spasi) Pertanyaan. Kirim ke 0853 67 06 03 03.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © -2012 PKPU Bengkulu All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks