Selamat Datang Diportal Resmi PKPU Cabang Bengkulu, Mari Berzakat Bersama PKPU Untuk Kepedulian Bersama
Sekarang Bisa bayar Zakat di Kantor Pos Peduli Korban Sinabung, Sumatera Utara Program Lebaran Untuk Anak Yatim Program Sebar Qur'an Nusantara ( SQN ) Indonesia Peduli Untuk Korban Banjir

Budaya Sanitasi

Selasa, 10 Maret 2009

Sanitasi adalah istilah dibidang kesehatan yang seringkali dikaitkan dengan kondisi lingkungan. Sanitasi berasal dari kata sanitas yang berarti sehat. Sehat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berjalan secara normal sesuai fungsinya. Dalam kerangka akidah sehat adalah fitrah, sesuai dengan ketetapan Allah SWT.
Ada hubungan erat antara kesehatan dan kebersihan. Bersih berarti sehat bisa juga berarti suci, tergantung dari sudut mana kita memandang. Bersih berarti sehat bila dikaitkan dengan tubuh kita, karena lingkungan bersih bebas dari kuman penyebab penyakit. Lingkungan bersih diciptakan oleh individu-individu yang memiliki perilaku bersih bukan sebatas konsep ataupun slogan. Di sini lingkungan bisa mencerminkan kualitas pribadi seseorang.
Bersih berarti suci, lebih tepat dikaitkan dengan hati. Hati yang bersih (suci) jauh dari kotoran / penyakit batin sehingga kebersihan - kebeningan hati lebih mudah tersentuh oleh cahaya hidayah. Ini sebagai bukti bahwa hati yang bersih lebih terjaga.
Hadist mengatakan bahwa "kebersihan sebagian dari iman" hikmah yang terkandung di dalamnya adalah individu yang beriman tidak bisa mengabaikan kebersihan.
Karena iman adalah keyakinan dalam hati sehingga akan bersih dengan sendirinya ikut serta melibatkan hati. Untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dibutuhkan perilaku bersih yang dimiliki individu secara konsisten, kondisi ini harus dikembangkan menjadi budaya sehingga akan menciptakan kebersihan lingkungan masyarakat dan terus meluas menjadi kebersihan bangsa.
"Kebersihan pangkal kesehatan" dikenal sebagai semboyan lama yang perlu dimanifestasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan budaya bersih yang tertanam dalam masyarakat dan ikut serta menjaga kesehatan masyarakat. "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat" adalah slogan yang bila disertai dengan hati yang terjaga akan menumbuhkan individu sebagai SDM yang berkualitas.

Biodata penulis:
drh. Nur Idha Antari
Jl. Fatmawati No. 37 Penurunan Rt X Rw IV Bengkulu
PNS Dinas Petemakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu
Mantan staf & masih aktif mengajar di lembaga pendidikan PRIMAGAMA cabang Beng

Pesan buat pembaca PKPU: Hidup adalah keseimbangan, bila ada rezeki berlebih kepekaan hati yang bicara untuk bisa peduli sesama. Alhamdulillah sudah ada PKPU sebagai wahana.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © -2012 PKPU Bengkulu All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks