Selamat Datang Diportal Resmi PKPU Cabang Bengkulu, Mari Berzakat Bersama PKPU Untuk Kepedulian Bersama
Sekarang Bisa bayar Zakat di Kantor Pos Peduli Korban Sinabung, Sumatera Utara Program Lebaran Untuk Anak Yatim Program Sebar Qur'an Nusantara ( SQN ) Indonesia Peduli Untuk Korban Banjir

Karena Kita Ikut Andil Dalam Kehancuran Itu

Selasa, 10 Maret 2009

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (Ar- Ruum: 41)
Manusia diciptakan di muka bumi ini harus mampu mengelola kondisi dengan cerdas, dan mengikuti system yang berlaku di alam ini agar tidak membuahkan kerugian dan penyesalan. Alam ini terdiri dari zat yang nyata (materil) dan tidak nyata (immaterial). Keduanya tidak bisa dipisahkan, sebab jika dipisahkan akan berdampak serius bagi eksistensi zat tersebut. Lihat saja manusia, terdiri dari tubuh (materil) dan jiwa (imateril). Jika keduanya dipisahkan maka tubuh manusia akan menjadi mayat, kendatipun secara fisik masih layak untuk hidup. Maka jika tubuh manusia terpisah dari jiwa, maka manusia tersebut dalam waktu singkat akan hancur.
Alam semestapun demikian juga. Jika kita menganulir hal-hal ghaib, maka eksistensi bumi dan benda langit yang materil ini dalam waktu singkat akan mengalami kehancuran. Dan ini merupakan aksiomatik yang tidak bisa ditawar-tawar. Filasafat Yunani yang dipelopori oleh Plato dan Aristoteles, sejak abad ke V sebelum masehi mencoba mencari hakekat kehidupan ini, dengan mengemukakan teori-teori melalui penyelidikan secara logis, radikal dan komprehensif. Namun upaya mereka belum mampu mengungkap hakekat alam immaterial. Karena itu sungguh sangat naïf, jika manusia mencoba mencari hakekat hidup hanya mengandalkan kemampuan panca indera, padahal Allah telah menganugerahkan system yang yang sempurna, yang meliputi segala yang dhahir dan yang ghaib, dialah syari’at Islam yang seharusnya menjadi pedoman hidup manusia sekaligus mencari solusi dan tatacara mensikapi kondisi apapun yang dihadapi manusia.. Sehingga mereka menemui jalan yang benar, jalan yang menghantarkan kepada keberuntungan dan menghilangkan segala bentuk penyesalan. Sementara jalan yang ditempuh selain itu pasti akan membawa kerugian dan kesesatan . (QS, Ali ‘Imran : 83, 85). Rasulullah SAW menjelaskan dalam salah satu haditsnya, “ aku tinggalkan bagimu dua perkara, jika kamu berpegang teguh kepada keduanya niscaya kamu tidak akan tersesat selama-lamanya, yakni kitabullah (Alqur’an) dan Sunnah Rasulnya (Al-Hadits) (HR. BukhariMuslim)
Selayaknyalah manusia kembali bertobat, mohon ampunan kepadanya karena kita ikut Andil dalam kerusakan itu. Kembalilah kapada system yang sudah baku dari Yang Maha Mengetahui sebagai panduan hidup manusia, seraya merendahkan diri dihadapan Allah dan membina taqwa, karena sesungguhnya tidak ada musibah kecuali sudah ditetapkan oleh-Nya dan manakala kita bertobat, sesungguhnya Allah tidak akan mengadzab hamba-Nya (QS, Al-Anfal : 33).
Adzab di dunia hanyalah peringatan bagi manusia yang berpaling dari system Allah itu. (QS, Sajadah : 21), bahkan mungkin tidak hanya bencana alam, tetapi bencana kesulitan hidup sebagaimana yang dirasakan bangsa ini krisis yang berkepanjangan (QS, Thoha : 124-127).
Marilah kita bersama kembali menjadikan Islam sebagai system hidup, sebelum penyesalan datang dan kita menjadi sangat rugi. Selagi masih ada waktu, harapan itu masih ada, dimulai dari kita sendiri, karena itulah langkah bijak dan cerdas dalam menghadapi kondisi apapun, baik kesusahan maupun kesenangan. Karena kesenangan yang kita peroleh akan membawa bencana, jika tidak disikapi secara cerdasdan bijak, sebagaimana telah dihancurkan kaum Saba’ yang bergelimang kemakmuran. Salah mensikapi, akhirnya muncul krisis multidimensional yang menghancurkan negeri itu dengan sehancur-hancurnya. Allahu a’lam bishawab (Sirwanto-KaBid PDG)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © -2012 PKPU Bengkulu All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks