Selamat Datang Diportal Resmi PKPU Cabang Bengkulu, Mari Berzakat Bersama PKPU Untuk Kepedulian Bersama
Sekarang Bisa bayar Zakat di Kantor Pos Peduli Korban Sinabung, Sumatera Utara Program Lebaran Untuk Anak Yatim Program Sebar Qur'an Nusantara ( SQN ) Indonesia Peduli Untuk Korban Banjir

UNDP Kerjasama PKPU Bengkulu Adakan Simulasi

Rabu, 16 November 2011


Senin, 31 Oktober 2011 pukul 09.00 WIB sirine pun berbunyi pertanda simulasi gempa dan tsunami segera dimulai. Warga pun kontan langsung keluar rumah berlari-lari menyelamatkan diri menuju titik berkumpul tepatnya di SDN 27 Penurunan. Siswa-siswi pun ketakutan sambil meletakkan tas di atas kepala mereka. Mendengar bunyi sirine yang begitu nyaring, sebagian siswa kelas 1 menangis. Tangisan tersebut pecah karena mereka terlihat sangat panik. “Kami takut, mama kami dirumah, kami sendirian,” ujar gita, siswi kelas 1. Mereka mengaku sangat cemas, karena ketika tengah asyik belajar tiba-tiba saja mereka disuruh keluar ruangan dan berkumpul ditengah lapangan. Begitulah gambaran simulasi gempa dan tsunami dikelurahan penurunan yang dilaksanakan oleh UNDP Indonesia bekerjasama dengan PKPU Bengkulu dalam program hibah PRBBK (Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Komunitas).
Kendati hanya simulasi namun siswa terihat menjiwai bahkan ada yang terjatuh ketika berlari-lari. Tak hanya itu, ibu-ibu hamil dan manula pun ikut ambil bagian dari kegiatan tersebut. “Untuk kegiatan ini kita lakukan di 2 kelurahan yaitu Penurunan dan Lempuing. Khusus untuk di Penurunan kegiatan kita pusatkan di SDN 27 Kota Bengkulu sebagai titik berkumpul. Kegiatan ini juga melibatkan masyarakat Penurunan,” terang M.Jawad selaku tim leader Program Hibah PRBBK.
Kegiatan simulasi ini melibatkan banyak orang dan lembaga terkait seperti PMI, kapolsek, BPBD kota Bengkulu, relawan, Dinas Kesehatan, Puskesmas, serta seluruh warga. Simulasi ini sangat penting, agar siswa dan masyarakat Penurunan tahu apa yang harus dilakukannya ketika gempa terjadi,” ungkapnya. Apalagi dalam kaitan dengan kondisi geografis Indonesia yang rawan gempa dan bencana alam.
Acara diakhiri oleh penutupan dari Walikota yang diwakili Drs.Hasbi Suyuti selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD kota Bengkulu. “Semoga kita dapat siap-siaga dalam hal apapun, sehingga dengan adanya simulasi yang diadakan oleh UNDP Indonesia kerjasama dengan PKPU Bengkulu ini dapat memberikan pelajaran kepada kita ketika bencana itu datang. Kenali gejalanya dan pelajari cara pengurangan maupun penanggulangannya. (Mira/PKPU Bengkulu)
Comments
1 Comments

1 komentar:

 
Copyright © -2012 PKPU Bengkulu All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks