Selamat Datang Diportal Resmi PKPU Cabang Bengkulu, Mari Berzakat Bersama PKPU Untuk Kepedulian Bersama
Sekarang Bisa bayar Zakat di Kantor Pos Peduli Korban Sinabung, Sumatera Utara Program Lebaran Untuk Anak Yatim Program Sebar Qur'an Nusantara ( SQN ) Indonesia Peduli Untuk Korban Banjir

PKPU Bengkulu Jalankan Proyek Hibah PRBBK UNDP

Selasa, 22 Maret 2011


Hari senin tepatnya tanggal 21 Maret 2011 pihak PKPU Bengkulu terkait program SCDRR mengadakan kunjungan di dua kelurahan yaitu Kelurahan Lempuing dan Penurunan. Salah satu tujuan dari kegiatan Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK). yaitu terbentuknya suatu forum atau komunitas siaga bencana yang terintegrasi dengan kelembagaan yang ada di kelurahan.
Adapun donator dari proyek ini adalah United Nation Development Program (UNDP) melalui Saver Communities trough Disaster Risk Reduction (SCDRR). Dalam hal ini PKPU Bengkulu ditunjuk sebagai mitra pelaksana untuk melakukan proyek PRBBK dari awal sampai selesai kontrak di dua kelurahan tersebut. “Sebuah kepercayaan yang membuktikan eksistensi PKPU sebagai lembaga kemanusiaan nasional terdepan,” kata kordinator proyek PRBBK Muhammad Jawad. Dana tersebut akan dicairkan sebesar 82 juta untuk melaksanakan proyek tersebut, “Jadi dengan cairnya dana tersebut, diharapkan agar dana tersebut dapat digunakan oleh pihak terkait untuk dilaksanakan dimasyarakat tentang pengurangan resiko bencana”, tambahnya.
Saat ini dikedua kelurahan telah terbentuk forum PRBBK yaitu kelurahan penurunan (penurunan siaga) dan kelurahan lempuing (Lempuing Siaga). Lembaga ini terbentuk melalui Surat Keputusan yang ditandatangani oleh Lurah masing-masing kelurahan. Salah satu agenda yang direncanakan oleh forum siaga bencana adalah Rencana Aksi Komunitas (RAK) yang disusun oleh warga Penurunan dan Lempuing melalui Rembug Warga.
Kegiatan ini sendiri difasilitasi oleh PKPU Cabang Bengkulu lewat Pendamping Komunitas masing-masing kelurahan. Setelah RAK disepakati oleh warga dan tahap selanjutnya adalah penandatanganan berita acara kesepakatan pengelolaan dana hibah proyek PRBBK. Acara ini langsung dihadiri oleh lurah masing-masing beserta pengurus dan anggota forum siaga bencana di kelurahan Penurunan dan Lempuing.
Para lurah berharap kepada ketua forum agar bisa menjalankan amanat ini dengan sebaik-baiknya dan senantiasa melibatkan seluruh stakeholder yang terlibat pada proyek PRBBK ini. Selain itu juga, diharapkan agar setiap pelaksanaan RAK ini transparan dan langsung dirasakan oleh seluruh lapisan warga masyarakat, “ ucap Zulherman, Lurah Penurunan. Kemudian di lain tempat Lurah Lempuing mengatakan, “Intinya dengan adanya pengurangan resiko bencana, minimal masyarakat bisa mengetahui tentang gempa dan tsunami, agar lebih waspada terhadap situasi tersebut, mengingat Bengkulu rawan bencana, termasuk daerah kami ini terletak di dekat pinggir pantai.
Ketua forum siaga bencana penurunan Suherman Sadar menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan kepada pihaknya. “kami juga berharap senantiasa dibimbing dalam setiap perencanaan RAK ini nantinya. Selain itu ketua forum lempuing mengatakan “ Agar adanya masukan dari PKPU ketika forum memerlukan pembicara yang kompeten di bidang kebencanaan dan kesiapsiagaan, mudah-mudahan acara ini dapat berjalan dengan lancar. (Mardi Sahendra/Pkpu Bengkulu)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © -2012 PKPU Bengkulu All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks